Ikuti P5RA, Peserta Didik MTsN 9 Bantul Kreasikan Aneka Makanan

4 Oktober 2024 superadmin 199

Ikuti P5RA, Peserta Didik MTsN 9 Bantul Kreasikan Aneka Makanan

Masemba Tercinta-MTs Negeri 9 Bantul melaksanakan Kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) tahun ajaran 2024/2025 semester ganjil ini dilaksanakan secara blok baik kelas VII, VIII, maupun kelas XII, dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan topik “Satu Hati dalam Balutan Budaya” untuk kelas VII, Jumat (04/10/2024).

Dengan judul tahapan kreasi makanan dan minuman lokal yang mendunia, para siswa kelas VII ini mulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan 11.20 WIB menyiapkan bahan, alat dan segala keperluan untuk kegiatan aksi tersebut. Sedangkan, pelaksanaan kegiatan bertempat di sekitar ruang kelas VIIA sampai dengan VII E, tetapi dengan konsep outdoor dan mengutamakan kebersihan lingkungan.

Kreasi makanan dan minuman tersebut adalah jajanan pasar yang terdiri dari Nagasari, Pempek, Dadar Gulung, Es Dawet Beras, Kunyit Asem dan aneka jajanan pasar serta minuman tradisional lainnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa jajanan tradisional yang hampir terlupakan dan tergantikan oleh jajanan instant saat ini. Selain itu, madrasah juga mengajak siswa untuk memahami cara pembuatan jajanan tradisional tersebut secara langsung.

“Saya merasakan antusiasme siswa kelas VII, bukan hanya sekedar mereka membuat produk jajanan tradisional tetapi juga tahapan proses pembuatan sampai penyajian betul-betul mereka laksanakan dengan senang,” tutur Wiwit di saat pendampingan bersama kelas VII D.