Wadahi Suara Siswa, MTsN 9 Bantul Gelar Siaran Bersama Radio Pesona Bara FM - MTs N 9 Bantul
Menu Close

Wadahi Suara Siswa, MTsN 9 Bantul Gelar Siaran Bersama Radio Pesona Bara FM

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Bekerja sama dengan Radio Pesona Bara FM, MTs Negeri 9 Bantul  menggelar kegiatan siaran bersama bertajuk “Ngobrol, Yuk!”, Senin (13/06/2022). Acara yang disiarkan secara langsung di MTsN 9 Bantul tersebut membahas tentang “berbohong”. Hadir sebagai peserta, Sayfina Dwi Khalid kelas IX A, Lorengsia Kusuma Wardani Reksa Ayu Pertiwi kelas IX B, Fadhil Rahman Afianto kelas VIII A, Nunik Febriyanti kelas VII A, Thalita Zaskia Mahmud kelas VII D, dan Satya Bima Nugraha kelas VII E. Selain itu, hadir pula sebagai narasumber utama, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul dan Muhammad Zainul Zain, S.Ag., Ketua Satgas PPA Bantul.

Dipandu Adinda Sari dan Sasa Puspita selaku penyiar Radio Pesona Bara FM, acara tersebut dapat mewadahi suara siswa-siswi MTsN 9 Bantul tentang berbohong. Fadhil mengatakan bahwa berbohong merupakan tindakan saat seseorang terpojok dan merasa terancam akan sesuatu. Sementara itu, Lorengsia mengemukakan bahwa seseorang terkadang berbohong demi menyenangkan orang lain.

“Kebohongan terkadang bisa membuat orang lain senang. Misalnya, ketika kita memberikan pendapat bahwa orang tersebut berpenampilan luar biasa, yang mungkin sebenarnya biasa saja,” jelas Lorengsia.

Berbeda dengan kedua siswa tersebut, Nunik mengatakan bahwa meski semua orang pernah berbohong, tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan. Menurut Nunik, hal tersebut melanggar norma agama.

Menanggapi hal tersebut, Zain dari PPA Bantul hadir sebagai penengah. Menurutnya, kebohongan lahir dari proses komunikasi yang kurang tepat. Zain mengatakan, cara mengatasi kebohongan adalah komunikasi yang baik. Dengan keterbukaan komunikasi antara orang tua dan anak, menurut Zain akan meminimalisasi terjadinya kebohongan.

“Komunikasi tertutup antara orang tua dan anak hanya akan membuat keduanya saling berbohong dengan tujuan tertentu. Hal ini tidak sehat,” jelas Zain.

Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul menambahkan bahwa satu kebohongan akan melahirkan kebohongan yang lain. Oleh karena itu, apa pun alasannya, kebohongan tidak bisa dibenarkan. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published.