Bantul (MTsN 9 Bantul) — MTs Negeri 9 Bantul menggelar Focus Group Discussion (FGD) Siswa Lintas Agama SMP/MTs Kapanewon Banguntapan dengan tema “Perkuat Jalinan Lintas Agama, Tingkatkan Kerukunan Siswa”, Jumat (11/08/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh pemahaman moderasi beragama dalam diri siswa. Kegiatan yang berlangsung di Perpustakaan Literarium Library MTsN 9 Bantul tersebut dihadiri oleh perwakilan siswa lintas agama dari SMPN 1 Banguntapan, SMPN 2 Banguntapan, SMPN 3 Banguntapan, SMPN 5 Banguntapan, dan MTsN 9 Bantul dengan masing-masing guru pendamping. Dalam pertemuan ini, MTsN 9 Bantul berhasil mempertemukan siswa dari empat agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, dan Hindu.

 

Perkokoh Moderasi Beragama, MTsN 9 Bantul Gelar FGD Siswa Lintas Agama SMP/MTs Kapanewon Banguntapan

Hadir sebagai narasumber, I Ketut Santosa, S.E., M.Si., Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kapanewon Banguntapan. Ketut Santosa menyampaikan tentang pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama. Menurutnya, meski tidak bersaudara dalam satu iman, seharusnya tetap bersaudara dalam kemanusiaan. Ketut Santosa juga menjelaskan bahwa moderasi beragama adalah sebuah proses untuk saling memahami.

 

“Moderasi beragama itu sebuah proses untuk saling memahami,” jelas Ketut, “proses untuk menyeimbangkan kanan dan kiri. Tidak berat sebelah,” tegasnya.

 

Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul sekaligus salah satu narasumber, menegaskan bahwa setiap agama mempunyai ajarannya masing-masing. Kebenaran yang diyakini oleh setiap agama tidak seharusnya disalahkan oleh agama lain. Itulah yang disebut dengan saling menghormati.

 

Kegiatan FGD tersebut juga diikuti dengan penyematan selempang dan pelantikan Duta Moderasi Beragama kepada Satya Bima Nugraha dan Nabila Rizma Khairunnisa kelas IX E MTsN 9 Bantul dan deklarasi kerukunan siswa dari Kader Siswa Moderasi Beragama SMP/MTs Kapanewon Banguntapan. Selain itu, pada kesempatan tersebut, Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, juga melakukan penandatanganan MoU bersama Ketua FKUB Banguntapan, serta penandatanganan berita acara kerja sama kader siswa moderasi beragama bersama guru SMPN 1 Banguntapan, SMPN 2 Banguntapan, SMPN 3 Banguntapan, dan SMPN 5 Banguntapan. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *