Bantul (MTsN 9 Bantul)–Kegiatan ekstrakurikuler wajib pramuka MTsN 9 Bantul dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 15.00-16.30. Pada tahun pelajaran 2022/2023, kegiatan pramuka gugus depan MTsN 9 Bantul kembali diberlakukan secara luring mulai 12 Agustus 2022. Setelah berjalan selama 4 minggu, Pembina gugus depan MTsN 9 Bantul memutuskan menyelenggarakan kegiatan perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada 03-04 September 2022. Anggota pramuka MTsN 9 Bantul yang ikut Persami ini merupakan siswa kelas VII yang akan dilantik sebagai pramuka penggalang dan 20 siswa kelas VIII yang akan dilantik sebagai dewan penggalang.

 

Pramuka Gugus Depan MTsN 9 Bantul Lantik Anggota dan Dewan Penggalang

“Untuk kegiatan persami MTsN 9 Bantul selama 2 hari ini dilakukan dalam rangka penerimaan sekaligus pelantikan anggota penggalang untuk siswa baru kelas VII dan dewan penggalang bagi 20 siswa kelas VIII yang sebelumnya sudah melalui tahap seleksi,” terang Pembina Gugus Depan MTsN 9 Bantul, Mawar Udin, S.Pd.I.

 

Hari pertama Persami, siswa kelas VII dan anggota dewan penggalang kelas VIII mulai berdatangan sejak pukul 14.30. Kegiatan diawali dengan jamaah salat ashar pukul 15.00 dan dilanjutkan pendirian tenda tempat bermalam oleh kelompok pramuka yang telah dibentuk sejak 12 Agustus 2022. Setelah tenda berdiri, para siswa kemudian mengikuti upacara pembukaan persami. Bertindak sebagai Pembina upacara, Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. Dalam amanatnya, Kepala MTsN 9 Bantul berpesan kepada para siswa untuk selalu bersemangat dalam menjalani rangkaian kegiatan Persami yang akan berlangsung selama 2 hari.

 

“Hari ini sampai besok pagi, Kalian harus bersemangat dalam mengikuti kegiatan Persami ini. Dalam Persami ini kalian harus saling bekerjasama antaranggota. Persami ini juga sebagai ajang kalian berlatih mandiri saat jauh dari orang tua,” terang Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M.

 

Selesai mengikuti upacara para siswa kemudian bersiap melaksanakan jamaah salat maghrib yang dilanjutkan makan malam dan persiapan pentas seni. Memasuki waktu isya’ para siswa bersiap mengikuti jamaah isya’. Pukul 19.30 acara pentas seni dibuka oleh MC dari calon dewan penggalang, Thalita dan Nunik. Dalam acara pentas seni, sejumlah 20 regu menampilkan bakat yang dimiliki di panggung kreasi MTsN 9 Bantul mulai dari Murotal, seni tari, menyanyi, hingga kreasi semaphore.

 

Kegiatan pentas seni berakhir pukul 10.00 dan dilanjutkan dengan caraka malam. Pada caraka malam 20 regu yang ikut serta dalam persami harus melalui 8 pos yang telah ditentukan oleh Pembina bersama dewan penggalang. Kegiatan hari pertama ditutup pukul 11.00 dengan agenda pelantikan dewan penggalang dan anggota baru pramuka penggalang gugus depan MTsN 9 Bantul.

 

Pada hari kedua persami diawali dengan kegiatan salat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan kultum pagi. Selesai kegiatan peribadatan para siswa bersiap mengikuti olahraga dan makan pagi bersama. Jelang penutupan, para siswa diminta untuk membongkar tenda dan bersih sampah di sekitar tenda. Acara ditutup dengan upacara sekaligus pemberian hadiah bagi 3 regu peserta Persami terbaik. (dns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *