Bantul (MTsN 9 Bantul)—Sebagai bentuk perbaikan tata kelola dokumen, MTs Negeri 9 Bantul membangun Ruang Arsip secara mandiri. Ruangan yang berlokasi di sisi selatan Tata Usaha MTsN 9 Bantul ini dikhususkan untuk menata dokumen-dokumen kearsipan yang dimiliki madrasah tsanawiyah negeri paling bontot di Bantul tersebut.

 

Martiningsih, S.Pd.I., selaku Kepala Tata Usaha MTsN 9 Bantul mengatakan, pembangunan Ruang Arsip ini menjadi yang pertama di madrasah yang ada di Bantul. Ia ingin memulai inovasi kearsipan tersebut dan menjadi contoh bagi madrasah yang lain.

 

“Ruang Arsip ini mungkin yang pertama di kalangan madrasah yang ada di Bantul,” papar Ning, sapaan akrabnya, “tujuan kami sebenarnya untuk merapikan dokumen, tapi kalau hasilnya bagus bisa dicontoh oleh madrasah lain,” imbuhnya.

 

Ning menjelaskan, dokumen-dokumen yang ada ditata berdasarkan jenisnya. Kemudian, dimasukkan ke dalam kardus-kardus yang sudah dilabeli dan ditata di dalam rak yang ada. Dengan demikian, pegawai akan lebih mudah apabila ingin mencari berkas tertentu. Ning yakin, jika pengelolaan Ruang Arsip ini berjalan dengan baik, di tahun-tahun yang akan datang, pelayanan di MTsN 9 Bantul akan semakin cepat dan akurat.

 

“Semua ini demi meningkatkan pelayanan kepada publik,” tegas Ning. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *