Bantul (MTsN 9 Bantul)–Pembina OSIS MTsN 9 Bantul, Agung Setyo Winarso, S.Pd., dan Ketua Panitia Pemilihan OSIS (PPO), Muhammad Alif Heryanto, mengikuti sosialisasi pemilihan ketua OSIS (Pemilos) Serentak Tahun 2023/2024 yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bantul, Selasa (08/08/2023). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Rumah Makan Omah Sawah Sewon Bantul dihadiri Sekretaris Kesbangpol, Suparmadi, SIP., M.Si., Komisioner KPU Bantul, Musnif Istiqomah, S.Pd.I., dan Sunarni mewakili Kepala Kankemenag Bantul.

 

Suparmadi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU yang bekerja sama dengan Kesbangpol, Kemenag Bantul, dan seluruh pendamping dan siswa yang hadir.

 

“Tujuan dilaksanakan sosialisasi adalah dalam rangka memberi pendidikan politik kepada siswa-siswa di jajaran siswa madrasah tsanawiyah dan aliyah tidak lain memberi kesadaran pemahaman kepada adik-adik semua pada saatnya melakukan pemilihan dan mungkin dipilih,” ucap Suparmadi, “pada tahun 2024 siswa yang telah berumur 17 tahun akan diundang untuk menjadi peserta pemilu presiden pada Februari 2024 dan Pilkada pada November 2023,” imbuhnya.

 

Ia meminta seluruh peserta untuk bersyukur karena telah diundang dan agar mengetahui bagaimana pentingnya berdemokrasi. Ia juga berpesan bagi yang sudah punya hak untuk memilih jangan sampai tidak hadir karena menentukan pemimpin 5 tahun yang akan datang.

 

Musnif Isnaini, selaku pemateri dari KPU, menyampaikan bahwa kegiatan PEMILOS ini ditujukan agar siswa mengetahui proses pemilihan ketua OSIS pada khususnya dan sebagai laboratorium kehidupan berdemokrasi serta menanamkan proses pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

 

“Kita tidak berfokus pada hasilnya saja, melainkan juga proses yang dilaksanakan secara sistematis dan demokratis. Inilah yang perlu ditekankan untuk siswa-siswi di madrasah terkait pemilihan,” ucap Musnif.

 

Ia menyampaikan tahapan pemilos, yaitu mulai dari pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan, penghitungan, dan rekap atau hasil semua diselenggarakan langsung oleh siswa. Sementara logistik yang akan disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bantul adalah templat pemutakhiran data pemilih, dan aplikasi EVOSS. Pemilos serantak di tahun 2023/2024 ini akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya menggunakan aplikasi EVOSS sehingga dikenal dengan e-pemilos. Musnif berharap madrasah menyiapkan ruangan representatif sebagai TPS, perangkat komputer, printer, jaringan internet, serta data siswa untuk pemutakhiran daftar pemilih. (asw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *