MTsN 9 Bantul Kenalkan Moderasi Beragama lewat Film “Satu Jam Salah Paham” - MTs N 9 Bantul
Menu Close

MTsN 9 Bantul Kenalkan Moderasi Beragama lewat Film “Satu Jam Salah Paham”

Bantul (Masemba)—Sesuai dengan Surat Edaran Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor B-2498/Kw.12.2/1/PP.01.1/06/2021 tanggal 22 Juni 2021, salah satu materi dalam Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTsN 9 Bantul Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah moderasi beragama dan kebangsaan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Mu’ad Irmawan, S.Si., selaku Ketua Panitia Matsama MTsN 9 Bantul mengambil kebijakan untuk menggunakan film “Satu Jam Salah Paham” sebagai media pembelajaran moderasi beragama dan kebangsaan. Film tersebut merupakan karya MTs Negeri 9 Bantul yang sedang diikutsertakan dalam Lomba Video Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Film berdurasi 5 menit tersebut ditayangkan melalui channel Youtube Kemenag Kab. Bantul.

Menurut Mu’ad, film ini dipilih karena sarat akan makna toleransi yang menjadi inti dari moderasi beragama. “Kami ingin memberikan edukasi kepada siswa kelas VII bahwa di Indonesia, agama bukan hanya Islam dan antar umat beragama mesti saling memahami agar tidak terjadi salah paham,” ungkap Mu’ad.

Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul menjelaskan, film “Satu Jam Salah Paham” selain mampu mengedukasi siswa sekaligus dapat memperkenalkan guru dan pegawai MTsN 9 Bantul. menurut Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, dengan menonton film tersebut, siswa jadi mengetahui kalau guru dan pegawai di madrasahnya bisa berakting. Hal ini juga sekaligus sebagai media promosi ekstrakurikuler sinema yang ada di MTsN 9 Bantul.

“Tahun pelajaran 2021/2022 ini kami membuka ekstrkurikuler sinema dan film ini menjadi bukti nyata produk yang sudah dihasilkan MTsN 9 Bantul,” tutur Atik. Atik pun berharap, selain memahami arti toleransi beragama, siswa-siswi kelas VII MTsN 9 Bantul pun tertarik untuk bergabung dengan ekstrakurikuler sinema dan mengembangkan bakat dan minatnya di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.