Bantul (MTsN 9 Bantul) – MTsN 9 Bantul beberapa waktu lalu telah berhasil meraih Juara 2 Adiwiyata Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Piala tersebut diserahkan oleh Kabid. Penataan, Pengkajian, dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY, Ruruh Haryanto. Penghargaan diterima oleh Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. Selanjutnya, piala tersebut diserahkan kepada ketua tim adiwiyata MTsN 9 Bantul, Asfari, S.Ag. dan kepala Tata Usaha MTsN 9 Bantul, Martiningsih, S.Pd.I. pada agenda upacara Senin pagi (4/9/2023).

 

Setelah melewati verifikasi administrasi dan lapangan yang ketata, MTsN 9 Bantul meraih peringkat 2 sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi DIY Tingkat SMP/MTs.

 

“DLHK memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tim Adiwiyata DIY, siswa, guru, orangtua siswa, DLHK Kabupaten, dan lembaga lain yang mendukung terlaksananya kegiatan peduli lingkungan di sekolah,” kata Ruruh menyampaikan sambutan Kepala DLHK DIY, Jum’at (25/8/2023) di kantor setempat.

 

Menurutnya, lewat penghargaan tersebut diharapkan bisa terwujud karakter peduli, serta meningkatkan kualitas dan kesadaran lingkungan. Sekolah Adiwiyata selain sebagai tempat pendidikan formal juga sebagai wadah penanaman nilai-nilai konservasi, pengelolaan lingkungan, keberlanjutan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

 

“Di Sekolah Adiwiyata tidak sekedar mengenalkan konsep perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup kepada generasi muda tetapi juga mengajak siswa untuk menjadi pelaku nyata dalam menjaga lingkungan, melalui pengintegrasian prinsip-prinsip peduli lingkungan ke dalam kurikulum,” jelas Ruruh.

 

Cita-cita Sekolah Adiwiyata adalah mencetak generasi peduli lingkungan yang memiliki pikiran terbuka siap menghadapi tantangan global. Selain MTsN 9 Bantul, hadir juga perwakilan dari sekolah-sekolah penerima penghargaan lainnya, yaitu SMPN 4 Pakem sebagai juara 1, dan SMPN 2 karang Mojo untuk tingkat SMP/MTS. Ada juga peserta lain dari jenjang MI/SD dan SMA/SMK/MA.

 

Kepala MTsN 9 Bantul yang akrab disapa Atik berkomitmen Bersama jajarannya untuk berupaya mengintegrasikan sikap peduli lingkungan dalam perilaku.

 

“Sebagai satu di antara Sekolah Adiwiyata di Yogyakarta kami selalu berupaya mengintegrasikan sikap peduli terhadap lingkungan dalam perilaku sehari-hari baik di dalam maupun luar Madrasah,” pungkasnya. (nhr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *