Bantul (MTsN 9 Bantul) – Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. turut hadir dalam pembukaan Kompetisi Siswa Madrasah (KSM) Provinsi DIY. Bertempat di MTsN 2 Bantul, ajang KSM tahun 2022 tingkat DIY dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. Masmin Afif. Kompetisi tahunan bagi siswa madrasah ini pertama kali digelar tahun 2012 dan hanya diikuti oleh siswa madrasah. Tak mau ketinggalan dengan siswa madrasah, sejak tahun 2016 siswa sekolah umum mulai ikut dalam KSM.

 

KSM tahun 2022 diselenggarakan secara daring setelah 2 tahun sebelumnya secara berturut-turut digelar secara daring akibat pandemic covid-19. Peserta KSM tahun 2022 berjumlah 165 siswa yang berasal dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Kota Jogja. Selain diisi oleh siswa madrasah dari seluruh DIY, KSM tahun 2022 juga diikuti peserta sekolah umum, yakni Kesatuan Bangsa. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. Masmin Afif menjelaskan bahwa dengan adanya peserta KSM dari sekolah umum, diharapkan siswa madrasah yang ikut dalam KSM bisa lebih semangat dalam berkompetisi.

 

“Peserta yang mengikuti KSM di tingkat Provinsi DIY tahun ini tidak hanya diisi dari siswa madrasah saja, namun terdapat peserta dari sekolah umum sehingga peserta yang berasal dari siswa madrasah harus lebih semangat. Ada nuansa berkompetisi yang sehat dan lebih kompetitif dalam KSM tahun 2022 ini karena para peserta berasal dari madrasah dan sekolah seluruh DIY,” terang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. Masmin Afif.

 

Peserta KSM yang berlaga di MTsN 2 Bantul merupakan siswa – siswi pilihan yang berhasil menyabet peringkat 1-3 pada KSM tingkat kabupaten yang diselenggarakan Bulan Agustus lalu. Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. menjelaskan bahwa siswa dari madrasahnya memang baru bisa meraih harapan 2 pada bidang IPS, namun dirinya optimis bahwa tahun depan, siswa MTsN 9 Bantul bisa maju di tingkat provinsi.

 

“Bulan Agustus lalu di tingkat Kabupaten Bantul ada satu perwakilan MTsN 9 Bantul atas nama Muhammad Azami pada mata pelajaran IPS sudah berhasil meraih juara harapan II, namun belum bisa maju ke tingkat provinsi karena yang berhak maju provinsi peringkat I-III. Tahun depan semoga ada wakil MTsN 9 Bantul yang bisa tembus ke provinsi. Aamin,” harap Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. (dns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *