Bantul (MTsN 9 Bantul)—Guru Bimbingan Konseling (BK) MTs Negeri 9 Bantul memberikan penyuluhan tentang sekolah lanjut kepada siswa kelas IX, Jumat (16/09/2022). Kegiatan tersebut digelar di musala MTsN 9 Bantul. Drs. Wasidi, guru BK, hadir sebagai narasumber.

 

Wasidi menyampaikan kepada 160 siswa kelas IX tentang suasana pendidikan di sekolah lanjut, baik di SMA, SMK, maupun MA. Ia mengatakan bahwa belajar di tingkat sekolah menengah atas begitu menyenangkan. Untuk meyakinkan siswa, Wasidi memutarkan potongan film Ada Apa dengan Cinta?

 

“SMA itu menyenangkan, jadi Bapak harap kalian semua melanjutkan pendidikan,” papar Wasidi, “bukannya ke KUA,” imbuhnya diakhiri dengan tawa kecil yang disambut meriah oleh siswa.

 

Wasidi mengatakan bahwa sangat disayangkan jika siswa kelas IX tidak melanjutkan pendidikan. Meskipun kewajiban belajar hanya 9 tahun, tapi itu tidak akan cukup untuk bertahan hidup di masyarakat.

 

Hal tersebut didukung oleh Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul. Ia ingin memastikan semua siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Menurutnya, sekarang banyak jalur untuk masuk ke sekolah lanjut. Artinya, tidak ada alasan apa pun untuk berhenti belajar di lembaga formal.

 

“Sekarang ini tidak punya biaya pun bisa tetap sekolah melalui jalur afirmasi. Jadi, saya siap memastikan semua siswa MTsN 9 Bantul melanjutkan pendidikannya,” tegas Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *