Bantul (MTsN 9 Bantul)—Dalam rangka memberikan dorongan dan motivasi kepada orang tua dan siswa kelas IX, MTs Negeri 9 Bantul menggelar parenting bekerja sama dengan Pancaran Qolbu Yogyakarta, Sabtu (27/08/2022). Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh orang tua dan wali serta siswa kelas IX. Hadir pula sebagai narasumber, Drs. Purwanto selaku pendiri dan pemilik Pancaran Qolbu Yogyakarta.

 

Gandeng Pancaran Qolbu Yogyakarta, MTsN 9 Bantul Gelar Parenting untuk Orang Tua dan Siswa

Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul dalam sambutannya mengatakan bahwa momen pertemuan antara guru, siswa, dan orang tua seperti ini hendaknya dimanfaatkan untuk muhasabah diri. Atik, sapaan akrab Kepala Madrasah tersebut menjelaskan parenting  bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa dan orang tua, serta membukakan pintu keterbukaan di antara keduanya sehingga saling memahami dan memberikan dukungan satu sama lain.

 

“Semoga setelah kegiatan parenting nanti antara guru, siswa, dan orang tua bisa saling bersinergi,” tutur Atik.

 

Kak Iphunk, sapaan akrab Purwanto, memandu parenting dengan interaktif. Dengan gayanya yang humoris, Kak Iphunk berhasil berkali-kali membuat semua peserta tertawa. Kak Iphunk juga memberikan beberapa materi tentang pentingnya pendidikan kepada anak baik oleh guru maupun orang tua yang menyenangkan. Kak Iphunk memberikan pemahaman bahwa tidak ada anak yang nakal. Kalaupun ada, hal itu terjadi karena kurangnya perhatian orang tua. Oleh karena itu, Kak Iphunk berpesan kepada orang tua untuk terus memberikan perhatian sekecil apa pun kepada anak-anaknya. Karena Kak Iphunk yakin, semua orang tua ingin melihat kesuksesan anaknya.

 

“Kesalahan anak tidak mungkin lepas dari kesalahan orang tua,” tegas Kak Iphunk.

 

Kak Iphunk pun mengajak seluruh peserta untuk muhasabah diri dan saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Kegiatan parenting ditutup dengan peluk-tangis anak dan orang tua. Atik, selaku kepala madrasah mengaku terharu melihat momen tersebut.

 

“Momen yang sungguh manis,” ucapnya sambil turut mengalirkan air mata. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *