Bantul (MTsN 9 Bantul)—Cantika Oktalianiz, siswa kelas VIII C MTs Negeri 9 Bantul kembali mengharumkan nama madrasah di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Daerah Istimewa Yogyakarta melalui perolehan medali emas di cabang olahraga eksebisi Kickboxing, Kamis—Jumat (8—9/9/2022) di Gedung Serbaguna Sleman. Cantika berhasil menduduki posisi pertama di kategori Kick Light Tatami Putri U 13—14.

 

Ketua Pelaksana Eksebisi Kickboxing Porda XVI DIY, Lafran Arse Jamaluddin, mengatakan kickboxing merupakan jenis olahraga yang menggabungkan antara tendangan dan pukulan. Menurutnya, olahraga ini tak sekadar memberikan serangan secara brutal kepada lawan. Namun, harus memperhitungkan taktik dan strategi.

 

Lafran menjelaskan, meski mirip tinju dan muay thai, tetapi ada beberapa perbedaan yang mendasar. Salah satunya pemerolehan poin peserta. Untuk mendapatkan poin, para peserta kickboxing harus melakukan pukulan dengan bersih. Artinya, pukulan diberikan kepada lawan dalam bentuk yang benar dan tidak ada tangkisan.

 

Cantika mengiyakan pernyataan Lafran. Menurutnya, tendangan dan pukulan dalam kickboxing harus bersih dan dengan bentuk yang benar.

 

“Contohnya, pukulan ke arah wajah, ya harus ke wajah, bersih. Tidak ada tangkisan ataupun blocking. Tidak hanya itu, pukulannya terarah dan tepat, serta formnya juga betul,” jelas Cantika.

 

Cantika mengasah kemampuan beladiri di Sekolah Bela Diri Indonesia, Banguntapan, Bantul, di bawah asuhan Senpai Lafran. Cantika mengatakan bertekad untuk menjadi atlet kickboxing profesional seperti Ronda Rousey, atlet wanita Ulimate Fighting Championship (UFC) dan pegulat kondang di World Wrestling Entertainment (WWE).

 

Saat ini, cabor kickboxing masih termasuk dalam eksebisi Porda XVI DIY. Artinya, perolehan medali setiap atlet tidak masuk dalam hitungan akumulatif. Meski demikian, Cantika tetap memberikan penampilan terbaiknya dalam Porda XVI DIY hingga menyabet medali emas. Cantika berharap, pada Porda selanjutnya, kickboxing bisa menjadi cabor resmi.

 

Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. turut bangga atas kemenangan Cantika. Atik, sapaan akrabnya memberikan ucapan selamat dan apresiasi tinggi kepada siswa yang juga aktif di Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) tersebut. Atik berharap, Cantika dapat menularkan semangat berprestasinya kepada teman-teman di MTsN 9 Bantul.

 

“Selamat untuk Cantika. Jangan lelah berprestasi dan semoga dapat menular ke siswa lainnya,” pungkas Atik. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published.